Makam Raja Tulang Bawang Terakhir di Pagardewa

Makam Raja Tulang Bawang Terakhir di Pagardewa
Hi. Pejurid Hidayatullah Glr. Minak Kemala Bumi

Selasa, 15 Desember 2009

SEKILAS SEJARAH KERAJAAN TULANG BAWANG TEMPO DOELOE

Mengungkap tabir sejarah kerajaan Tulang bawang, yang saat ini telah di abadikan nama nya sebagai salah satu Kabupaten di Provinsi lampung yaitu  kabupaten Tulang Bawang. Tentu nya dalam hal ini kami pemuda yang ingin mengetahui dan menelusuri keberadaan Kerajaan Tulang Bawang. kami sangat memerlukan sumbangsih para ahli sejarah untuk menulis kritik, saran di halaman kami ini.

Sejarah lampung dimulai dari sejak Zaman Hindu Animisme yang berlangsung antara abad pertama sampai awal abad ke XIV. Sistem kebudayaan berasal dari luar termasuk Hindu dan Budha. Tetapi Dominan adalah tradisi asli dari zaman Melayu- Polenesia

Daerah lampung dikenal orang luar sejak permulaan tahun masehi sebagai tempat orang-orang lautan mencari hasil hutan. Hal itu terbukti dengan ditemukan nya berbagai jenis bahan keramik dari zaman Han (206-220 SM) dan akhir zaman Han (Abad ke- II sampai dengan abad ke- IV) Juga zaman Ming (1368-1643)

Sebuah catatan dari Negeri China (China Cronicle) Abad ke- VII, Menyebutkan kan Bahwa didaerah selatan (Nam-phang) terdapat kerajaan yang disebut Tho'lang P'ohwang. Jika benara pada pertengahan abad ke- VII itu di Lampung ada kerajaan Tulang Bawang berarti disana sudah ada permukiman masyarakat yang menganut kepercayaan lama (Animisme), dan mempunyai hubungan dengan kerajaan Melayu Kamboja, dan negeri China . Ketika itu islam baru lahir dan diajarkan Nabi Muhammad SAW (571-532) di jazirah Arab.

Dari gambaran itu, Lampung dapat dipastikan telah di diami manusia sejak Zaman Prasejarah berabad- abad yang lalu. Pembuktian itu di tunjang oleh penemuan peninggalan sejarah dan yang berupa Patung- patung pahatan yang bercoarak megalitik disekitar Purawiwitan, Sumberjaya, Kenali, Batubedil, Dan Pugung raharjo kecamatan Jabung.

Pada daerah- daerah tertentu terdapat peninggalan bersejarah yang menunjuk kan Lampung berada di bawah pengaruh kerajaan maritim terbesar kala itu, Kerajaan Sriwijaya. Prasasti PALAS PASEMAH dan Prasasti BATUBEDIL. di daerah Lampung Selatan merupakan peninggalan kerajaan Sriwijaya sekitar abad VII-VIII.

Pusat Kerajan Tulang Bawang diperkirakan terletak disekitar Muara Way (Sungai)Tulang Bawang Mulai dari Menggala Hingga Pagardewa. hal tersebut sesuai dengan pengembara Tionkok I tsing, yang menyebutkan pernah singgah di sebuah kerajaan besar yang terletak di aliran Sungai Tulang Bawang 20 Mil antara Pagardewa dan Menggala.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blog ini belum lah sempurna Mohon kepada pembaca untuk memberikan komentar tentang blog ini, untuk kami perbaiki dan akhirnya tujuan kita bersama dapat erwujud kelak Terima kasih

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.


Bupati Tulang Bawang